Home / Jurnal

Jurnal

Untuk meningkatkan mutu dan kwalitas karya ilmiah Dosen STAIN Malikussaleh, civitas Akademika STAIN Malikussaleh telah menambah 3 Jurnal ilmiah berkala di masing masing Jurusan. Upaya ini dilakukan agar para dosen di STAIN Malikussaleh dapat memanfatkan media Jurnal ini sebagai sarana untuk menulis pemikiran pemikiran tentang berbagai ilmu dan khazanah ilmiah.

Penegasan tersebut disampaikan Pembantu Ketua IV Bidang Hubungan Luar dan Kerjasama STAIN Malikussaleh Darmadi Sulaiman, M.Si hari Senin 9 Januari 2012 di ruang Kerjanya kampus Lancang Garam Lhokseumawe.
“Untuk saat ini alhamdulillah STAIN Malikussaleh telah memiliki 4 Jurnal berkala yang akan terbit 2 kali setiap tahun. Kita berharap agar para dosen di lingkungan STAIN Malikussaleh dapat memanfaatkan media Jurnal ini untuk pengembangan karir individu dosen dan referensi Khazanah Ilmu pengetahuan dalam berbagai bidang ” ujarnya.

Dirincikan Jurnal yang telah ada selama ini adalah SARWAH yang mengambil tema Jurnal pencerahan intelektual Muslim. Dalam jurnal ini dimuat tulisan-tulisan yang berkenaan dengan pemikiran-pemikiran Islam dalam berbagai bidang seperti pendidikan, Hukum dan Dakwah.

Di Jurusan Tarbiyah telah terbit Jurnal It’qan yang mengangkat tema-tema tentang Pendidikan. Disini, penulis dapat mengirimkan tulisan dan pemikiran tentang pendidikan Islam dan perkembangan pendidikan kekinian dan global. Jurnal It’qan dipimpin oleh Ketua Jurusan Tarbiyah, Sofyan Arianto, MPd.

Di Jurusan Syariah telah terbit Jurnal Riyadah dengan mengangkat tulisan-tulisan tentang Hukum dan Ekonomi Islam. Berbagai kajian kajian tentang Hukum Islam dan Perkembangan informasi tentang Ekonomi Syariah diulas dalam Jurnal yang dipimpin oleh Ketua Jurusan Syariah Nazaruddin, MA.

Sedangkan di Jurusan Dakwah juga telah terbit Jurnal Liwa’ul Dakwah yang mengangkat tema tema Komunikasi, Dakwah dan Pemikiran Islam. Ridwan Hasan, Ph.D selaku Ketua Jurusan Dakwah telah berhasil merumuskan Jurnal jurusan Dakwah yang mengangkat berbagai persoalan dan isu-isu kekinian tentang dakwah dan komunikasi
Untuk itu, pihaknya berharap partisipasi dan dukungan dari civitas akademika STAIN Malikussaleh agar dapat mengisi tulisan-tulisan untuk terbitan masing masing jurnal tersebut. “dukungan berupa sumbangan tulisan atau karya tulis ilmiah ini nantinya akan menjadi sumbangan pemikiran para dosen STAIN untuk menjadi referensi dalam berbagai kajian ilmu pengetahuan” harapnya.

Darmadi juga berharap, agar ke 4 Jurnal berkala tersebut dapat dikelola dengan baik dan profesional sehingga tidak terkendala di tengah jalan. “Menjaga keberkalaan terbit Ini menjadi sangat penting, agar Jurnal Jurnal yang terbit di STAIN Malikussaleh ini dapat mencapai status terakreditasi nantinya” pungkasnya.