Home / Jurusan Dakwah / Komunikasi dan Penyiaran Islam

Komunikasi dan Penyiaran Islam

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Terakriditasi BAN PT No. 038/BAN-PT/AK-XII/S1/XII/2009)

Visi:

“Pada Tahun 2025, Program Studi S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam menjadi institusi pendidikan tinggi terdepan dalam bidang  pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk pengembangan ilmu dakwah dan komunikasi  yang berbasis literatur klasik Aceh yang handal, profesional untuk menuju Prodi yang bertaraf  internasional”

 

Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan ilmu, teori dan keterampilan dan kompetensi dalam bidang dakwah dan komunikasi melalui jenjang sarjana dan pasca sarjana.
  2. Melakukan kegiatan untuk mengembangkan dan aplikasi ilmu dakwahdan  komunikasi  yang  profesional  sesuai  etika komunikasi Islam.
  3. Melahirkan sumberdaya di bidang dakwah dan komunikasi yang memiliki wawasan dan kemampuan bertaraf nasional dan internasional.
  4. Melakukan kajian dan analisis komunikasi diplomasi literatur dan situs klasik warisan kerajaan Islam  Samudera Pase (Malikussaleh).

 

Tujuan :

  1. Menghasilkan Sarjana Komunikasi Islam yang berkompeten dalam bidang ilmu Komunikasi dan Penyiaran Islam dengan aspek penekanan kepada dakwah bil hal, bil lisan (mimbar) dan bil qalam (media cetak) dengan memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mendalami ilmu dakwah secara keseluruhan.
  2. Membentuk ilmuan Komunikasi Islam pada tingkat strata-1 (S1), yang bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, berbudaya Islami, berfikir ilmiah serta memiliki kemampuan akademik dan professional dalam lingkup ilmu dakwah.
  3. Menjadi tempat yang nyaman bagi insan akademis untuk berkraeasi dan berinovasi terhadap kajian ilmunya.
  4. Mendukung terciptanya atmosfir lembaga pendidikan yang islami
  5. Mendorong insan akademis melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  6. Terciptanya kesejahteraan yang adil dan merata bagi civitas akademika yang terlibat didalam Prodi KPI.

Pengembangan Kompetensi

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam melaksanakan program pengembangan kompetensi mahasiswa melalui tiga konsentrasi keilmuan, yaitu:

  1. Konsentrasi Ilmu Jurnalistik: menghasilkan lulusan yang mahir di bidang jurnalistik dengan prospek lapangan kerja sebagai wartawan Media cetak dan Online seperti Surat Kabar, Majalah, dan Tabloid, Reporter Televisi dan Radio, Editor, fotografer, Cameramen, Script Writer, Agen Promosi Kehuman dan Manager Media Massa.
  2. Konsentrasi Ilmu Public Relation: menghasilkan lulusan profesional dengan kemampuan Keprotokolan, Praktisi Humas, Pemasaran Jasa, Media Iklan, Komunikasi Grafis Kehumasan dan kemampuan komunikasi dalam upaya membangun hubungan harmonis antara organisasi/perusahaan dengan khalayak/public. Prospek lapangan kerja sebagai Public Relation Officer di Instansi Pemerintahan dan Swasta, Media Relation Officer, Juru Bicara Instansi, Analisis Media atau Media Planner dan Diplomat.
  3. Konsentrasi Public Speaking: mengahsilkan lulusan yang memiliki kompetensi dibidang broadcasting, prospek lapangan kerja dapat menjadi penyiar Radio dan Televisi, Presenter, Host, Master Of Ceremony, Konsultan Multimedia, Selebritis, Sutradara, Pembuat Film dan Artis.