Jurusan Syari’ah lahir pada tahun 1975, sebagai perubahan dari Perguruan Tinggi Islam Malikussaleh (PERTIM), yang merupakan filial dari Fakultas Syari’ah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh. Dari Drs. Tgk. H. A Wahab Dahlawi kemudian sejak tahun 1975 tampuk kepemimpinan diteruskan oleh Drs. Tgk. H. A. Gani El-Ahmady. Pada tanggal 15 Mei 1980 dalam suatu rapat pengurus yayasan diputuskan antara lain membentuk pengurus yayasan baru dan mengubah nama Perguruan Tinggi menjadi Yayasan Pendidikan Malikussaleh.

Setelah mengalami perubahan nama yayasan dan pergantian pimpinan, maka kemudian pada tanggal 31 Oktober 1996 Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah (STIS) Malikussaleh melalui surat keputusan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Nomor: 181 Tahun 1996 dengan status diakui program Strata Satu (S1) Ahwal Al-Syakhsyiyah.

Menyusul perubahan dari Sekolah Tinggi Agama Islam Malikussaleh Lhokseumawe menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh Lhokseumawe, yang diresmikan melaui Keppres Nomor. 02 Tahun 2004 oleh Presiden RI Ibu Megawati pada bulan Agustus 2004, maka jurusan Syari’ah telah menyandang status baru sekaligus dihadapkan pada aneka tantangan dan hambatan. Sebagai jurusan dalam lingkungan Sekolah Tinggi Agama Islam, kini ia dituntut bukan hanya sekedar harus mampu menjawab problematika umat masa depan tetapi bisa mengakomudir semua pemikiran dan belantara persoalan yang berkembang dalam bidang hukum dan ekonomi syari’ah.

Estapet kepemimpinan ketua jurusan Syariah adalah Drs. Zainuddin Yusuf (periode 19962001), Drs. Asnawi Abdullah dan SekretarisJurusan Syari’ah yaitu Husnaini Hasbi, S.Ag  (periode 2001-2004), Drs. Asnawi Abdullah (periode 2004), Husaini Hasbi, S.Ag dan Sekretaris jurusan Syari’ah : Iskandar Ibrahim, S.HI (periode 2004-2005 dan periode 2004-2005), : Drs. Usammah dan Sekretaris Jurusan Syari’ah adalah : Iskandar Ibrahim, S.HI (periode 2007-2010), Demikian juga hal nya dari periode 2010-sekarang, ketua jurusan adalah Drs. Usammah danSekretaris Jurusan adalah Iskandar Ibrahim, S.HI dan terjadi pergantianSekjur oleh Bastiar, S.Hi, dan sekarang Ketua Jurusan ditangani oleh Nazarudin, S.HI,MA dan Ramlan, S.Ag,M.Pd sebagai Sekretaris jurusan

Adapun visi dan misi Jurusan Syari’ah adalah :

 

Visi :

Menjadikan Jurusan Syari’ah terdepan dalam menciptakan sarjana Hukum Keluarga Islam, Ekonomi Syari’ah dan Hukum Ekonomi Syari’ah yang integratif, tanggap terhadap kemajuan ilmu dan memiliki sikap profesional.

 

Misi :

  1. Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang profesional dalam bidang  Hukum dan Ekonomi Syari’ah
  2. Mengintegrasikan ilmu pengetahuan dalam bidang hukum dan ekonomiSyari’ah
  3. Melahirkan sarjana hukum dan Ekonomi Syari’ah  yang responsif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Program pendidikan di jurusan Syari’ah hanya pada tataran program sarjana (S1), yang meliputi program studi Ahwal Al-Syakhsyiyah, Ekonomi Syari’ah dan Hukum Ekonomi Syari’ah.