Jurusan Tarbiyah merupakan satu di antara 3 (tiga) Jurusan yang ada di lingkungan STAIN Malikussaleh Lhokseumawe yang lahir pada tahun 1996 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Agama Republik Indonesia tanggal 31 Oktober 1996 nomor: 181 berstatus terdaftar. Saat itu animo masyarakat terhadap adanya sebuah jurusan yang menghasilkan pendidik yang sangat besar. Maka dalam rangka menyahuti harapan masyarakat tersebut STAIN Malikussaleh membuka Jurusan Tarbiyah dengan 1 (satu) program studi yakni Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

Perkembangan Jurusan Tarbiyah pada tahap selanjutnya semakin pesat sehingga pada tanggal 4 April 2001 Jurusan Tarbiyah mendapat peningkatan status menjadi diakui berdasarkan surat keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam nomor: E/56 tahun 2001 serta pada tahun yang sama Jurusan Tarbiyah mengembangkan 1 (satu) program studi yaitu prodi Tadris Matematika dan tahun 2003, membuka program studi Tadris Bahasa Inggris yang ternyata minat masyarakat untuk masuk kedua program studi tersebut sangat besar, hal itu terlihat dari jumlah pendaftar mahasiswa baru yang cukup meningkat. Seiring dengan peningkatan status dari STAI menjadi STAIN berdasarkan Keppres RI No. 2 tanggal 5 Januari 2004 yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Megawati Soekarno

Putri maka jumlah peminat mahasiswa baru pada Jurusan Tarbiyah semakin meningkat bukan hanya calon mahasiswa yang berasal dari wilayah Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara saja akan tetapi dari seluruh Kabupaten dalam Propinsi Aceh bahkan ada yang berasal dari luar Propinsi Aceh.

Seiring dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat global, Jurusan Tarbiyah terus menerus melakukan inovasi dan pengembangan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga dapat memantapkan Tri Darma Perguruan Tinggi dan mampu memberikan pembinaan dan pelayanan kepada civitas akademika secara professional dan merupakan sebuah jurusan yang kini telah mengembangkan sayapnya menjadi sebuah jurusan yang lebih mengedepankan sikap dalam semua aspek kebijakan pendidikan yang actual sesuai dengan kebutuhan pangsa pasar.

Estapet kepemimpinan ketua jurusan Tarbiyah, pada (periode 19962001) dan (periode 2001-2004) adalah  Dra. Aisyah Ma’awiyah. Sedangkan sekretaris jurusan baru ada pada periode 2001-2004 yaitu Nurjannah, S.Ag, kemudian Al Husaini M. Daug, S.Ag  (periode 2004-2005). Kemudian dari periode 2007-2010 terjadi beberapa kali pergantian pimpinan ketua jurusan Tarbiyah, yaitu: Yusnaini Ilyas, S.Ag dibantu oleh sekjur Saud Alwi, S.Pd.I , Dra. Nurhayati AR  dibantu oleh sekjur Zulfikar Ali Butho, S.Ag dan Drs. M. Nazar. Pada periode 2010-sekarang melalui rapat senat STAIN Malikussaleh, jurusan Tarbiyah dibawah pimpinan Sofyan Arianto, S.Ag, M.Pd, sedangkan Sekjur Husaini, M.Ag.

Adapun visi dan misi jurusan Tarbiyah adalah :

Visi

Visi

Menjadikan Jurusan Tarbiyah terdepan dalam menciptakan sarjanatenaga kependidikan dijiwai nilai-nilai Islam yang integratif, tanggap terhadap kemajuan ilmu dan memiliki sikap profesional.

Misi

Misi

  1. Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang profesional dalam bidang  pendidikan Islam, sains  dan bahasa
  2. Mengintegrasikan ilmu pengetahuan dalam bidang pendidikan Islam, sains  dan bahasa
  3. Melahirkan sarjana kependidikan yang responsif terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi

Program Studi

Program Studi

Program pendidikan di jurusan Tarbiyah hanya pada tataran program sarjana (S1). Meliputi lima Program Studi,

  1. Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI),
  2. Program Studi Tadris Matematika,
  3. Program Studi Tadris Bahasa Inggris,
  4. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan
  5. Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal.