Home / Jurusan Tarbiyah / Manajemen Pendidikan Islam

Manajemen Pendidikan Islam

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) adalah salah satu Prodi di Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Malikussaleh Lhokseumawe yang akan dibuka. Pembukaan Prodi ini berlatarkan adanya kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang sangat mendesak terhadap pendidikan dewasa ini dan mutu pendidikan agama Islam di daerah Serambi Makkah dan nilai nilai syariat Islam, perbaikan kondisi masyarakat dari gejala degradasi moral dan akhlak serta tersedianya para pendidik muslim yang professional. Dengan adanya Program studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang menghendaki para lulusannya mampu berkompetensi dan memiliki daya saing tinggi dalam landasan dan wawasan pendidikan dan menjadi pendidik yang dapat menjadi panutan bagi siswa dan masyarakat.

Dari hasil pengamatan ke sekolah-sekolah yang ada di Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe pada umumnya adanya usulan-usulan untuk pembukaan Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) pada Jurusan Tarbiyah, adanya permintaan dari pengelola sekolah dan madrasah yang ada di Aceh yang masih kekurangan tenaga tenaga kependidikan untuk mengelola sekolah dan Madrasah yang mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan yang sempurna dan kaffah terhadap generasi kita masa yang akan datang. Kenyataan yang terjadi di sekolah dan madrasah adanya minat masyarakat yang cukup antusias terhadap berdirinya prodi  saat ini, menunjukkan partisipasi masyarakat dan pemerintah daerah dalam  mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlakul karimah  di masa yang akan datang.

 

Visi

Menjadi Program Studi terkemuka dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pembelajaran kependidikan Islam yang berbasis kompetensi.

 

Misi

  1. Mengembangkan ilmu manajemen pendidikan Islam guna menyiapkan tenaga manajerial kependidikan Islam yang profesional dan memiliki kompetensi di bidang pendidikan Islam;
  2. Mengembangan ilmu pendidikan Islam guna menjadi guru yang memiliki kompetensi dan profesional di bidang pendidikan Islam;
  3. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga kependidikan maupun dunia usaha guna menumbuhkan jiwa enterpreneurship;
  4. Menyelenggarakan catur dharma perguruan tinggi Muhammadiyah yang berorientasi kepada kompetensi disiplin ilmu manajemen pendidikan Islam.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga/manajer pendidikan Islam yang profesional dan memiliki kompetensi di bidang manajemen pendidikan Islam;
  2. Menghasilkan sarjana pendidikan Islam yang memiliki kompetensi di bidang ilmu manajemen pendidikan Islam.Menghasilkan tenaga pengajar Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang profesional.
  3. Menghasilkan tenaga ahli dalam perancanga/desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan pengevaluasian kegiatan pembelajaraan yang efektif, efesien dan menarik.