Home / Jurusan Tarbiyah / Pendidikan Agama Islam (PAI)

Pendidikan Agama Islam (PAI)

Pendirian Program Studi Strata I Pendidikan Agama Islam (PAI) Jurusan Tarbiyah STAIN Malikussaleh Lhokseumawe ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Indonesia, Nomor: 181 Tahun 1996 tanggal 31 Oktober 1996 dengan status terdaftar Program S1, kemudian  beralih status menjadi diakui berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Indonesia Nomor: e/56 Tahun 2001, Tanggal 04 April 2001. Tiga tahun berselang berdasarkan surat Keputusan  Presiden RI, Nomor:  2 (Dua) Tanggal 5 Januari 2004, STAIN Malikussaleh beralih status menjadi negeri, dengan demikian Program studi PAI pun mengikuti.

Untuk mendukung keberlanjutan proses belajar mengajar di program Studi PAI, maka sudah beberapa kali perpanjangan izin prodi PAi hingga yang terakhir kalinya pada tahun 2008, dengan perpanjangan SK yang ditandatangani oleh Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama, Nomor : Dj.1/202/2008 tertanggal 24 Juni 2008. Program studi PAI Jurusan Tarbiyah STAIN Malikussaleh dianggap layak untuk terus menyelenggarakan pendidikan program studinya, dengan adanya peningkatan dukungan sarana prasarana belajar yang memadai, dosen yang berkualitas, kompeten dan berpengalaman serta adanya dukungan tenaga kependidikan profesional.

 

Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Agama Islam yang terdepan dan unggul dalam menyiapkan tenaga pendidik agama Islam dengan memiliki kekokohan aqidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak, kematangan emosi, keluasan ilmu, mandiri dan professional.

Misi

  1. Melaksanakan pembelajaran yang berkualitas, efektif, efesien, inovatif, kreatif dan terarah untuk menghasilkan lulusan tenaga pendidik agama Islam yang terdepan dan unggul.
  2. Membina tenaga pendidik agama Islam agar memiliki kekokohan aqidah dan kedalaman spiritual, keluhuran akhlak dan kematangan emosional.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang bersifat mendidik dan proaktif dalam memecahkan permasalahan pendidikan Islam yang tumbuh dan berkembang di masyarakat.
  4. Mengembangkan ilmu-ilmu dasar yang diarahkan pada pemenuhan kapasitas dan kebutuhan pendidikan pada jenjang strata satu (S1) yang menitik beratkan pada pengembangan penelitian kependidikan, agama guna mengantarkan mahasiswa pada wawasan keislaman yang sensistif analisis.
  5. Mempersiapkan lulusan berkualitas yang memiliki keluasan ilmu, mandiri dan professional.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan tenaga pendidik berkarakter Islami yang kompeten di madrasah/sekolah, pondok pesantren dan dilingkungan masyarakat.
  2. Menghasilkan tenaga ahli dalam perancanga/desain pengembangan, pemanfaatan, pengelolaan, dan pengevaluasian kegiatan pembelajaraan yang efektif, efesien dan menarik.
  3. Menghasilkan pendidik yang mampu menciptakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan agama Islam, iptek, imtaq  dan seni yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman.