Home / Berita / Ketua : Jadikan STAIN Sebagai Perguruan Tinggi Yang Mendunia
Dr, H, Hafifuddin, M.Ag saat memberi sambutan pada pembukaan Pelatihan Bahasa Arab dan Inggris Untuk Para Dosen STAIN Malikussaleh Lhokseumawe, Kamis, (6/8/2015)

Ketua : Jadikan STAIN Sebagai Perguruan Tinggi Yang Mendunia

Saat ini dalam kontestasi dunia globalisasi, daya saing suatu Negara, lembaga dan institusi yang tinggi akan menentukan tingkat kemajuan, efisiensi dan kualitas bangsa untuk dapat menjadi pemenang dalam persaingan era pasar bebas yang ketat. Salah satu cara dalam mengahadapi tuntutan dan tantangan globalisasi yang semakin pesat dan sarat dengan persaingan, maka kemampuan untuk menguasai bahasa asing sangat diperlukan. Bahasa Arab dan Bahasa Inggris adalah bahasa yang digunakan dalam proses komunikasi dunia global. Melaui dunia global dengan kehadiran pasar bebas, semua pihak bersaing dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk aspek pendidikan. Pendidikan dituntut untuk mampu menghadapi perubahan secara cepat untuk melahirkan sumber daya manusia yang berdaya saing menghadapi tantanagan global. Apalagi sebuah perguruan tinggi yang menciptakan generasi bangsa kedepan, tentu harus memiliki para pendidik yang handal dan berkualitas serta memiliki kemampuan bahasa asing yang bagus. Hal ini disampaiakn Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh Lhokseumawe Dr. H. Hafifuddin, M. Ag dalam sambutannya membuka acara pelatihan Bahasa Arab dan Bahasa Inggris untuk para dosen STAIN Malkussaleh, Kamis (6/8/2015) di Gedung Syariah Kampus setempat, Alu Awe-Lhokseumawe.

Dr. H. Hafifuddin, M. Ag mengatakan, program tahun 2016 kedepan tidak ada lagi dosen yang buta Bahasa Arab dan Bahsa Inggris, semua dosen harus mampu berbahasa inggris dengan baik. “meskipun dia dosen matematik, tapi harus bisa juga berbahasa Inggris, pelatihan ini bukan untuk dosen bahasa Inggris saja, tetapi untuk semua dosen, agar tahun depan semua dosen pandai bahasa Inggris dan Arab”, lanjutnya.

Kualitas seorang dosen harus selalu ditingkakan, lembaga sudah berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan kualitas para dosen, mahasiswa dan tentunya lembaga STAIN harus menjadi lembaga yang mendunia. “ Sebagai seorang dosen tentu harus memiliki keilmuan yang tinggi dari para peserta didiknya, dosen dalam mengantarkan mahasiswa menjadi lebih pintar, maka dia harus lebih dulu berada pada zaman yang lebih pintar dari mahsiswa tersebut. Dosen STAIN kedepan harus mendunia, bisa belajar dan mengajar diluar negeri”harapnya.

Maka pelatihan ini merupakan salah satu program untuk meningkatkan kualitas dosen dalam bidang berbahsa asing. “saya sangat mendukung program ini, harapan saya pelatihan ini dapat terus berlanjut sampai tahun seterusnya, sehingga nantinya semua dosen kita bisa menulis jurnal Internasional dan dikenal oleh dunia”, tuturnya.

Disamping itu, lembaga juga sedang berupaya meningkatkan kualitas, tahun ini akan ada delapan orang Doktor. Dengan bertambahnya dosen kualifikasi Doktor diharapkan STAIN juga akan lebih berkembang dan maju menjadi kampus yang menduia. “Sebagaimana landasan dari STAIN itu sendiri yaitu tarbiyah, ikhlas, belajar dari sejarah dan Visioner, maka harapan saya STAIN akan lebih maju dan dikenal oleh dunia global, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *