Home / Berita / LPPM IAIN Safari Ramadhan

LPPM IAIN Safari Ramadhan

LPPM IAIN Lhokseumawe melaksanakan Safari Ramadhan kesejumlah mesjid di 4 Kabupaten/Kota di Aceh yang meliputi Aceh Utara, Kota Lhokseumawe, Aceh Timur dan Kabupaten Bener Meriah. Dengan melibatkan 12 Da’i (penceramah) yang telah disiapkan .

Hal ini disampaikan oleh Tgk Fuazan MA kemarin (selasa 30/5/2017) disela-sela persiapan Safari Ramadhan di Halaman Mesjid Al Qubra Kuta Binjai, akan bertugas sebagai penceramah pada mesjid ini adalah Dr. Danial, MA.

Kedatangan Tim Safari turut disambut oleh Camat, DanRamil serta Ka.Polsek Julok yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama hingga berjama’ah di mesjid tersebut.

Dr. Danial MA, yang juga Direktur Pasca Sarjana IAIN Malikussaleh Lhokseumawe dalam ceramahnya menyampaikan pesan-pesan syiar  tentang bahaya dan fenomena Narkoba yang saat ini melanda Aceh dan Nasional, ia nemambahkan  hasil penelitian menunjukkan lebih dari 30% persen pengguna dan pengedar narkoba adalah anak usia 12-22 tahun, dan hasil penelitian di 7 (tujuh) penjara yang ada diaceh ternyata sebegaian besarnya dihuni oleh kasus narkoba, untuk itu ia mengajak seluruh jama’ah untuk terus mempertebal iman dan bermohon kepada Allah agar kita mampu menjaga anak-anak kita agar tidak samapai terjerumus dalam Norkoba.

Penceramah juga menyampaikan keprihatinannya terhadap pergeseran budaya, akibat dari globalisasi, anak-anak kita lewat HP sudah bisa menjelajah dunia, lewat televisi, iklan2 televisi yang sangat berbeda dengan budaya Islam, Iklan minuman misalnya tidak ada yang menyerukan agar minum sambil duduk, yang ada justru iklan minuman yang diminum sambil lari.

Danial meneruskan, satu masa nanti anak-anak aceh tidak tahu lagi buah dan makanan khas aceh, karena mereka telah terbiasa dengan pola makalan ala barat, ini memang bukan haram, tapi ini pergeseran budaya, identitas bangsa.

Karenanya lewat memontum ramadhan, Danial mengajak jamah segera berintropeksi diri, mempertebal iman dan menjaga anak-anak kitaanak-anak aceh  agar menjadi anak-anak yang Islami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *