Home / Berita / Menteri Agama RI Lantik Dr. H. Hafifuddin, M. Ag Sebagai Rektor IAIN Malikussaleh

Menteri Agama RI Lantik Dr. H. Hafifuddin, M. Ag Sebagai Rektor IAIN Malikussaleh

IMG_0176Dr. H. Hafifuddin, M. Ag yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh Lhokseumawe pada Rabu 1 Februari 2017 resmi dilantik sebagai Rektor IAIN Malikussaleh Lhokseumawe periode 2017-2021. Dr. H. Hafifuddin, M. Ag dilantik langsung oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin di Aula Kementerian Agama RI Jakarta Pusat.

Sebagaimana diketahui bahwa STAIN Malikussaleh telah beralih status menjadi IAIN Malikussaleh Lhokseumawe setelah Presiden RI Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 tahun 2016 tentang IAIN Lhokseumawe pada 1 Agustus 2016. Sementara Organisasi dan Tata Kerja dengan Nomor 46 Tahun 2016 resmi ditandatangani oleh Menteri Agama RI pada 9 November 2016.

Pelantikan Dr. H. Hafifuddin, M. Ag dilaksanakan secara bersamaan dengan empat Rektor lainnya yaitu Rektor IAIN Pekalongan, IAIN Ponorogo, IAIN Metro Lampung, dan IAIN Kerinci. Empat Rektor yang dimaksud adalah teman seperjuangan Dr. H. Hafifuddin, M. Ag dalam memperjuangkan pengalihan status STAIN menjadi IAIN sejak beberapa tahun yang lalu.

Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutannya mengatakan alih status STAIN menjadi IAIN bukan akhir dari perjuangan yang selama ini dilakukan, tetapi ini merupakan awal untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan melalui peningkatan sumber daya manusia yang handal, kualitas kelulusan dan pembinaan terhadap alumni. Menteri Agama juga berharap Rektor IAIN Malikussaleh Lhokseumawe untuk terus memperbanyak penelitian dan kajian agar dapat menjawab persoalan ummat terkait dengan pengetahuan agama dan dapat membangun kerjasama dengan semua pihak dalam meningkatkan kualitas pendidikan, seperti kerjasama dengan kampus lain dan stakeholder yang ada.

IMG_0143Untuk diketahui, IAIN Malikussaleh Lhokseumawe saat ini telah mempersiapkan segala kebutuhan untuk operasional IAIN Malikussaleh dengan baik seperti logo, stempel dan kelengkapan administrasi lainnya. IAIN Malikussaleh saat ini memiliki empat fakultas dan satu program pascasarjana yaitu Fakultas Syariah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta Program Pascasarjana dengan tiga Program Studi yaitu Komunikasi dan Penyiaran Islam, Pendidikan Agama Islam dan Manajemen Pendidikan Islam.

Hadir dalam acara pelantikan tersebut adalah Sekjen Kemenag RI Prof. Dr. Nursyam, M. Si, Dirjend Pendis Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, MA serta unsur pimpinan IAIN Malikussaleh Lhokseumae.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *