Home / Pascasarjana / Manajemen Pendidikan Islam

Manajemen Pendidikan Islam

Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) adalah salah satu Program Magister di lingkungan program Magister Pascasarjana STAIN Malikussaleh yang memiliki Visi, Misi, dan Tujuan-tujuan tertentu yang dalam pelaksanaannya didanai dan mengacu pada kebijakan-kebijakan yang telah ditetapkan oleh Sekolah Tinggi. Dalam melaksanakan kegiatannya, Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) memiliki fungsi dan tugas tertentu sesuai dengan visi, misi, dan tujuan yang telah ditetapkan. Sejak didirikan pada 07 Agustus 2015 dengan nomor SK Pendirian Program Studi 4508 Tahun 2015, Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) berjuang menghasilkan lulusan program magister yang diperlukan untuk mengisi kekurangan Dosen, Tenaga Praktisi Pendidikan, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Administrasi di lembaga-lembaga pendidikan terutama Perguruan Tinggi serta diperlukan oleh masyarakat dan pemerintah.

Saat ini, Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) ini terus melakukan inovasi keilmuan yang berkelanjutan dalam rangka menyikapi globalisasi zaman yang sarat dengan persaingan. Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) dosen adalah pembenahan prioritas yang dilakukan agar pelayanan intelektual kepada masyarakat akademik (mahasiswa) lebih baik dan memuaskan.

Pengembangan Program Magister Program Magister Manajemen Pendidikan Islam (MPI) ini dikembangkan atas dasar pemikiran untuk memperkuat dan memperkaya Program Magister kependidikan serta profesi kependidikan, khususnya untuk pengembangan mata kuliah-mata kuliah bidang keahlian Manajemen Pendidikan Islam (MPI).

 

Visi program studi

Visi Program Studi adalah:

Menjadi program studi Manajemen Pendidikan Islam yang unggul dalam mewujudkan pemimpin dan manajer pendidikan Islam masa depan yang memiliki integritas keIslaman, wawasan keilmuan, dan kualitas kepribadian yang kuat dalam bidang manajemen pendidikan Islam di tahun 2025.

Misi Program Studi

Misi Program Studi adalah:

  1. Mendidik calon ilmuwan dan pemimpin yang memiliki kualitas     kepribadian, integritas keislaman, wawasan keilmuan, dan professional di bidang Manajemen Pendidikan Islam.
  2. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran unggul dalam teori dan praktik manejemen pendidikan Islam berbasis IT sesuai dengan tuntutan kebutuhan lokal, nasional, dan global serta perkembangan IPTEK.
  3. Mendidik calon ilmuwan dan pemimpin yang  memiliki  kemampuan meneliti secara professional, integral, dan aktual dalam bidang manajemen pendidikan Islam.
  4. Mendidik calon ilmuwan dan manajer professional yang mengabdi dalam berbagai posisi di sektor pendidikan maupun non pendidikan.
  5. Menerapkan sistem pelayanan manajemen mutu yang berbasis ICT.
  6. Mengembangkan jaringan kerjasama/kemitraan dengan lembaga lain baik di dalam maupun luar negeri,  dan masyarakat pengguna lulusan program studi manajemen pendidikan Islam dalam bidang pengajaran, penelitian, dan kegiatan akademik lainnya.

 

Tujuan Program Studi

Tujuan Program Studi adalah:

  1. Terselenggaranya pendidikan dan pengajaran berbasis penelitian dan IT yang profesional dan berkualitas dalam melahirkan magister yang memiliki kualitas kepribadian, integritas keIslaman, kapasitas keilmuan, dan professional di bidang manjemen pendidikan Islam, baik sebagai manager, pengembang, maupun konsultan.
  2. Terciptanya penelitian dan media publikasi ilmiah (jurnal) yang orisinal dan berkualitas dalam bidang manajemen pendidikan Islam, sehingga memberikan konstribusi teoretis-konsepsional dan praktis-operasional dalam memecahkan berbagai problematika pendidikan Islam di tingkat lokal, nasional, maupun global.
  3. Terjalinnya kerjasama vertikal, horizontal, maupun global dengan berbagai pihak dalam bidang pendidikan-pengajaran, penelitian, pengabdian, maupun bidang lainya dalam rangka peningkatan dan pengembangan kualitas lulusan dan kelembagaan.
  4. Terlahrnya alumni magister manajemen pendidikan Islam yang memiliki keluasan ilmu, kedalaman spiritual, dan kematangan emosional serta mampu melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yaitu program doktor (S-3).

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran Program Studi MPI (akademik, penelitian, pkm, dan mou)

  1. Mahasiswa.
  • Meningkatkan kualitas akademik yang meliputi pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka peningkatan kompetensi lulusan bidang manajemen pendidikan Islam berbasis akhlak atau kepribadian luhur dan budaya lokal.
  • Meningkatkan tradisi akademik-ilmiah mahasiswa melalui jurnal ilmiah, FGD, seminar, workshop, dan pelatihan.
  • Meningkatkan kualitas hasil penelitian (tesis) mahasiswa dengan indikator kemanfaatan penelitian bagi ilmu pengetahuan dan pemecahan berbagai masalah di masyarakat.
  • Menjalin kerjasama lintas sektoral dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan MPI.

2. Dosen.

  • Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan melalui pendidikan non-gelar dan atau fungsional bagi para dosen.
  • Membudayakan tumbuhkembangnya tradisi akademik melalui jurnal ilmiah terakreditasi nasional dan Internasional, FGD, seminar, workshop, dan pelatihan.
  • Meningkatkan kuantitas dan kualitas karya ilmiah dosen dalam bidang manajemen pendidikan Islam melalui pelatihan, pemberian reward dan penyediaan fasilitas penunjang.
  • Meningkatkan kapasitas dan professionalitas dosen sebagai pengembang dan penggerak perubahan manajemen pendidikan Islam khususnya dan pendidikan lain pada umumnya.
  • Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran, penelitian, dan pengembangan kelempagaan pascasarjana.

3. Alumni.

  • Meningkatkan komptensi lulusan bidang manajemen pendidikan berbasis Islam.
  • Menggalang peran dan konstribusi alumni dalam proses pengembangan dan peningkatan kualitas program studi MPI.
  • Mengembangkan kemampuan manajerial dalam praktek lembaga pendidikan Islam.
  • Mampu menjadi pengembang dan inisiator dalam reformasi sistem manajemen pendidikan Islam.
  • Menjalin kerjasama lintas sektoral dengan berbagai pihak di bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan program studi MPI.

4. Masyarakat.

  • Meningkatkan daya saing lembaga pendidikan Islam melalui peningkatan kualitas kepemimpinan atau manajerial pendidikan Islam.
  • Meningkatkan kualitas manajemen sumber daya manusia bidang manajemen pendidikan Islam.
  • Menggerakkan upaya pengembangan dan modernisasi manajemen pendidikan Dayah Salafi (Pesanteren) di Aceh.
  • Memobilisasi masyarakat/ dunia usaha dalam upaya pengembangan program studi MPI.

Strategi pencapaian Program Studi MPI pada tahun 2016 sampai dengan 2025 adalah sebagai berikut:

  1. Pengembangan kurikulum MPI yang partisipatif, integratif, dan kontekstual 2016-2025.
  2. Peningkatan sistem pelayanan akademik berbasis IT (e-learning, e-journal, e-library/ pustaka digital, dan lainnya) pada tahun 2017.
  3. Peningkatan kualitas sumber daya pendidikan melalui pendidikan gelar jenjang Doktoral (S3) dan non-gelar serta sumber daya kependidikan melalui pendidikan gelar S2 dan non-gelar pada tahun 2016-2025.
  4. Peningkatan status jurnal program studi MPI Ziryab dari jurnal ber-ISSN kepada jurnal terakreditasi nasional pada tahun 2018 dan internasional pada tahun 2023.  
  5. Pembudayaan tradisi akademik melalui penulisan di jurnal terakreditasi nasional dan internasional, FGD, seminar, workshop, dan pelatihan pada tahun 2016-2018.
  6. Peningkatan peran dan konstribusi alumni bagi pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan-pengajaran, penelitian, dan lembaga program studi MPI pada tahun 2018.