Home / Berita / PBAK Wujudkan Mahasiswa Menuju Kampus Peradaban

PBAK Wujudkan Mahasiswa Menuju Kampus Peradaban

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Malikussaleh Lhokseumawe menyambut mahasiswa baru dengan serangkaian acara dihimpun dalam acara yang disebut PBAK (Pengenalan Budaya akademik dan kemahasiswaan). Yang berlangsung digedung auditorium, selasa (8/8).

Kegiatan ini diikuti oleh 989 mahasiswa dari empat Fakultas yang berada di IAIN Malikussaleh Lhokseumawe (Syariah, Tarbiyah, Ushuluddin, Adab dan Dakwah dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam).

Acara pengenalan akademik dan kemahasiswaan merupakan agenda rutin yang diadakan tiap tahun untuk seluruh kampus yang beradadi Indonesia. Namun, sebelumnya kegiatan ini disebut OPAK (Orientasi pengenalan akademik kampus) atau nama lainnya.

Saat diwawancarai, Kafrawi MA, selaku ketua panitia menyampaikan bahwa kegiatan kali ini dibuat agak sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya sesuai arahan aturan pelaksanaan yang ada, OPAK yang sebelumnya lebih dikenal dengan system ploncoan dimana para senior berkuasa, sedangkan PBAK hadir dengan membawa paradigma baru yaitu kegiatan yang memperkenalkan budaya akademik mahasiswa yang dikenal dengan budaya belajar, budaya ilmiah yang pelaksanaannya adalah gabungan para dosen, staf administrasi dan perwakilan Mahasiswa senior.

Sementara itu Dr. H. Hafifuddin, M.Ag., rektor IAIN Malikussaleh Lhokseumawe mengungkapkan,  Saya berharap kepada seluruh calon-calon mahasiswa baru agar langsung memahami dan menjalani hidup dengan  nilai akademisnya karena untuk dua puluh tahun kedepannya masa depan bangsa dan dunia terletak pada mahasiswa sekarang.

Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari, hari pertama perkenalan akademik kampus, kemudian seluruh Organisasi mahasiswa kampus, hari kedua dilaksanakan difakultas masing-masing agar para mahasiswa mampu untuk lebih mengenal seluk-beluk Fakultas mereka dan hari ketiga akan ditutup dengan kegiatan keakraban dan gotong royong. (Mf).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *