Home / Sejarah

Sejarah

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikusaleh Lhokseumawe merupakan yayasan Pemerintah Daerah (PEMDA) yang didirikan pada tanggal 12 Juni 1969, waktu itu bernama Akademi Ilmu Agama (AIA) yang diprakasai oleh Drs. Tgk.H.A. Wahab Dahlawi yang juga menjabat sebagai Bupati daerah tingkat dua Aceh Utara saat itu bersama beberapa tokoh masyarakat antara lain Drs. H.A. Gani El Ahmady, Drs. H. Razali A.Gani.dan lain-lain.
Kemudian berdasarkan hasil keputusan rapat Yayasan Perguruan Tinggi Tanggal 24 mei 1972, AIA berobah namanya menjadi Perguruan Tinggi Islam Malikussaleh (PERTIM) Dalam perjalanannya terus mengalami perkembangan dan mendapat respon positif dari masyarakat luas hingga tahun 1975 sekaligus namanya menjadi fakultas Syariah PERTIM yang merupakan filial dari fakultas IAIN Ar- raniry Banda Aceh.

Pada tanggal 15 Mei 1980 dalam suatu rapat pengurus yayasan diputuskan antara lain; membentuk pengurus yayasan baru dan mengubah nama Perguruan Tinggi menjadi Yayasan Pendidikan Malikussaleh. Pada periode tahun 1990-1993 terjadi perubahan nama menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Syariah dengan status terdaftar dan wisuda perdana diadakan pada tahun 1994 dengan jumlah 64 orang.

Pada tahun 1996-2001 STIS Malikussaleh mendapat penghargaan dari Departemen Agama R.I yaitu peningkatan status menjadi diakui dan penambahan 1 (satu) jurusan yakni jurusan Tarbiyah dengan status terdaftar berdasarkan SK Menteri Agama R.I No.181 tahun 1996. Pada tahun ini juga terjadi perubahan nama lembaga menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Malikussaleh (STAIM) dengan 2 (dua) Jurusan yaitu jurusan Syariah dan jurusan Tarbiyah.
Setelah berakhir periode kepemimpinan Drs. H.A. Muthalib Hasan pada bulan Juni 2001 maka Sekolah Tinggi Agama Islam Malikussaleh Lhokseumawe dipimpin oleh Drs. Hafifudin untuk periode 2001–2005 berdasarkan Keputusan hasil rapat senat STAIM bulan Juli 2001.

Pada tahun 2001-2009 dibawah kepemimpinan Drs. H. Hafifuddin, M.Ag mulai dilakukan pengembangan-pengembangan kampus dengan pantauan manajemen dan persiapan-persiapan untuk penegerian lembaga. Dan pada tanggal 5 Januari 2004, buah dari kerja keras itu terwujud dengan ditandatangani Keputusan Presiden RI. Magawati Soekarnoputri No.2 tentang Penegerian Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh Lhokseumawe.

Menyusul perubahan statusnya dari Sekolah Tinggi Agama Islam Malikussaleh menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Malikussaleh berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 2 tahun 2004 tanggal 5 Januari 2004, STAIN Malikussaleh sebagai lembaga perguruan tinggi Islam bukan hanya sekedar harus mampu menjawab problematika umat masa depan tetapi bisa mengakomodir semua pemikiran yang berkembang untuk memajukan pendidikan.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut diperlukan sikap profesional dan pemberdayaan insan kampus yang mandiri. Karenanya STAIN Malikussaleh diharapkan menjadi poros utama dalam mempersiapkan dan mengembangkan insan berbagai disiplin ilmu. Sikap profesional ini dapat diwujudkan dengan peningkatan Sumber Daya civitas akademika yang dimiliki agar dapat melahirkan insan akademis yang dinamis. Tidak hanya itu, STAIN Malikussaleh juga diharapkan menjadi sebuah lembaga otonom dengan mengedepankan nilai-nilai kejujuran ilmiah.

Dalam mewujudkan tekad tersebut, STAIN Malikussaleh akan dihadapkan dengan berbagai kendala. Kendala-kendala ini bukan berarti akan menyurutkan semangat civitas akademika STAIN guna berusaha secara maksimal. Tekad ini, diharapkan dapat menjadi spirit bagi insan akademis STAIN dalam mewujudkan obsesi dalam mewujudkan lembaga pendidikan yang handal. Untuk itu, kerjasama dari berbagai pihak sangat menentukan dalam mencapai cita-cita ini.

 

PERIODE KEPEMIMPINAN

Periode Kepemimpinan STAIN Malikussaleh seacara berurutan adalah :

  1. Drs. Tgk. H.A. Wahab Dahlawi : 1969 – 1975
  2. Drs. Tgk. H.A. Gani El Ahmady : 1975 – 1980
  3. Drs. H. Ghazali Muhammad Syam : 1980 – 1987
  4. Drs. Tgk. H. Idris Mahmudy : 1987 – 1994
  5. Drs. H.A. Muthalib Hasan : 1994 – 2001
  6. Drs. H. Hafifuddin, M.Ag : 2001 – 2009
  7. Dr. Iskandar, Mcl : 2009 – 2014
  8. Dr. H. Hafifuddin, M.Ag : 2014-2018