Home / Berita / TgK. Husnaini Hasby MA : Tidak Ada Alasan Untuk Meninggalkan Shalat
Tgk. Husnaini Hasby, MA., Sedang Memberi Ceramah

TgK. Husnaini Hasby MA : Tidak Ada Alasan Untuk Meninggalkan Shalat

Wajib hukumnya bagi setiap Muslim dan Muslimah yang sudah Baligh untuk melaksanakan Ibadah Shalat lima waktu, dan barang siapa yang meninggalkan sholat dengan sengaja maka dia termasuk dalam dosa besar. Menurutnya, tidak ada toleransi dan alasan untuk meninggalkan shalat, jika tidak mampu berdiri maka dapat dilaksanakan secara duduk hingga jika sudah benar-benar tidak mampu maka dapat dilaksanakan dengan isyarat saja. Hal ini disampaikan oleh Tgk Husnaini Hasby MA, saat memberikan ceramah dalam kegiatan  Safari Ramadhan di Meunasah Buloh KM IX Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara Selasa (7/7/2015). Materi ceramah yang disampaikan mengenai  hukum-hukum meninggalkan shalat dalam persfektif hadist dan pendapat para ulama serta penerapan hukum meninggalkan shalat menurut para imam empat yakni  Imam Syafi’i, Hambali, Maliki, dan Hanafi.

Dalam ceramahnya Tgk Husnaini juga menyampaikan beberapa dalil dan hadist terkait kewajiban Shalat dan ancaman meninggalkan shalat. Berpedoman pada sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim, Tgk Husaini mengatakan, meninggalkan shalat berarti syirik dan kafir, yang dikuatkan dengan referensi hadist  bahwa “(Pembatas) antara seorang muslim dan kesyirikan serta kekafiran adalah meninggalkan shalat.” serta “Perjanjian antara kami dan mereka (orang kafir) adalah shalat. Barangsiapa meninggalkannya maka dia telah kafir.”

Dalam ceramah yang disampaikan setelah Shalat Isya ini, Tgk. Husnaini yang juga dosen senior Jurusan Syariah STAIN Malikussaleh Lhokseumawe ini berpesan kepada jamaah agar tidak meninggalkan shalat, bahkan menganjurkan untuk sedia melaksanakan kewajibannya.

Tim Safari Ramadhan yang diketuai oleh Kepala P3M Tgk. Nazaruddin MA disambut baik oleh masyarakat di Meunasah Buloh. Kegiatan berlangsung khidmat, Shalat Tarawih di imami oleh Tgk. Nazaruddin, MA dan turut hadir dalam tim safari tersebut, Dr. Syahrizal, M.Ag. (Wakil Ketua Bidang Akademik), Tgk Arifuddin Aba (Panitia Pelaksana). [sf-rw]

baca juga :

Safari Ramadhan di Alue Bungkoh Pirak Timu

P3M Lakukan Safari Ramadhan

HMJ Tarbiyah Lakukan Safari Ramadhan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *