Home / Tujuan dan Sasaran

Tujuan dan Sasaran

TUJUAN
  1. Terselenggaranya pendidik mahasiswa dalam upaya kekuatan akidah, kecerdasan spiritual, kemuliaan akhlak, keluasan ilmu dan kesiapan profesionalisme.
  2. Terintegrasinya tujuh pilar Pengembangan STAIN dalam upaya penerapan nilai-nilai Islami dan pelaksanaan Syariat Islam di Aceh
  3. Terselenggaranya Tridharma Perguruan Tinggi Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
  4. Terlaksananya pengembangan kompetensi lulusan bidang pendidikan Islam, hukum Islam dan komunikasi penyiaran Islam.
  5. Terciptanya pengembangan teknologi dan kesenian yang bernafaskan Islam melalui pengkajian dan penelitian ilmiah.
  6. Terjalinnya kerja sama dalam bidang pendidikan Islam, hukum Islam dan lembaga komunikasi penyiaran Islam.
  7. Terlaksananya pelayanan prima dalam berbagai pelayanan publik.
  8. Terlaksananya penguatan akidah dalam upaya pencegahan pendangkalan aqidah dan aliran sesat di tengah masyarakat.

SASARAN

Sasaran STAIN Malikussaleh Lhokseumawe terdiri dari beberapa unsur di antaranya adalah sebagai berikut:

MAHASISWA

  1. Pada tahun 2020 mahasiswa dapat meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Pada tahun 2020 mahasiswa memiliki kompetensi lulusan bidang pendidikan Islam (Pendidikan Agama Islam, Tadris Matematika, Tadris Bahasa Inggris, Tadris Bahasa Indonesia, pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan, Guru Madrasah Ibtidaiyah, dan Pendidikan Raudhatul Athfal), bidang Syariah (Ahwal al-Syakhsiyyah, Ekonomi Syariah, Hukum Ekonomi Islam, dan Hukum Politik Islam) dan bidang dakwah (Komunikasi Penyiaran Islam dan Bimbingan konseling Islam)
  3. Pada tahun 2020 mahasiswa dapat meningkatkan interaksi edukatif melalui forum ilmiah (seminar, pelatihan, workshop, dan FGD).
  4. Pada tahun 2020 mahasiswa dapat mengimplementasikan nilai-nilai ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

DOSEN

  1. Pada tahun 2020 dosen mampu meningkatkan kualitas tridharma perguruan tinggi baik di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  2. Pada tahun 2020 dosen STAIN Malikussaleh Lhokseumawe dapat mengintegrasikan keilmuan bidang pendidikan Islam, hukum Islam, dan komunikasi penyiaran Islam.
  3. Pada tahun 2020 dosen STAIN Malikussaleh Lhokseumawe dapat meningkatkan publikasi ilmiah dalam jurnal ISSN, ISSN terakreditas Nasional, dan Internasional.
  4. Pada tahun 2020 dosen dapat menginteraksikan nilai-nilai edukatif dalam berbagai forum ilmiah seperti seminar, lokakarya, workshop, FGD, dan pelatihan-pelatihan sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.
  5. Pada tahun 2020 dosen mampu berbahasa asing (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris).

TENAGA KEPENDIDIKAN

  1. Pada tahun 2020 tenaga kependidikan dapat bekerja secara profesional melalui pelatihan, studi lanjut, dan diklat di dalam dan luar kampus.
  2. Pada Tahun 2020 tenaga kependidikan bekerja secara optimal dengan sistim salam, senyum dan sapa.
  3. Pada tahun 2020 tenaga kependidikan dapat mengelola administrasi secara online.

ALUMNI

  1. Pada tahun 2020 menghasilkan alumni yang unggul di bidang pendidikan, hukum Islam, ekonomi Islam dan komunikasi penyiaran Islam.
  2. Pada tahun 2020 alumni STAIN Malikussaleh Lhokseumawe mampu mendarmabaktikan ilmunya bagi pengembangan Agama, Nusa,dan B
  3. Pada tahun 2020 alumni STAIN Malikussaleh Lhokseumawe mampu menciptakan lapangan kerja sesuai dengan keilmuannya seperti pengembangan lembaga pendidikan, lembaga bantuan hukum, lembaga pengembangan ekonomi masyarakat, dan lembaga jurnalistik serta lembaga bimbingan konseling Islam.
  4. Pada tahun 2020 alumni STAIN Malikussaleh Lhokseumawe mampu bersaing tingkat internasional dalam berbagai bidang keilmuan seperti pendidikan, hukum Islam, dan komunikasi penyiaran Islam.
  5. Pada tahun 2020 forum alumni STAIN Malikussalah terorganisi dengan baik dan aktif berkotribusi secara internal dan eksternal baik dalam bidang akademik maupun non akademik.

MASYARAKAT

  1. Pada tahun 2020 STAIN Malikussaleh Lhokseumwe dapat memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan syariat Islam di Aceh (perumusan qanun, sosialisasi, pemikiran).
  2. Pada tahun 2020 STAIN Malikussaleh Lhokseumawe dapat menyelenggarakan program pengabdian yang mampu menjawab berbagai persoalan umat seperti desa binaan di daerah terpencil, kuliah pengabdian ke pada masyarakat, E-Banking, kursus bahasa Asing  dan pemanfaat teknologi informasi.
  3. Pada tahun 2020 STAIN Malikussaleh menjadi pusat layanan informasi ilmu falak (penentuan Bulan Ramadhan, Idul Fithri, Idul Adha, dan fenomena alam lainnya) tingkat nasional dan Asia Tenggara.
  4. Pada tahun 2020 STAIN Malikussaleh Lhokseumawe menjadi agen setting bagi peradaban masyarakat seperti perkemahan PMI, perkemahan Pramuka, dan lain-lain.
  5. Pada tahun 2020 STAIN Malikussaleh menjadi wahana edukasi masyarakat dibidang pendidikan, kebugaran, kesehatan, ekonomi).
  6. Pada Tahun 2020 STAIN Malikussaleh menjadi pusat informasi lowongan kerja bagi masyarakat.
  7. Pada Tahun 2020 STAIN Malikussaleh menjadi mitra masyarakat dalam penyediaan tenaga ahli.