Home / Berita / Wakil Bupati Buka Gampong Binaan di Gampong Alue Leuhob Kec. Cot Girek.

Wakil Bupati Buka Gampong Binaan di Gampong Alue Leuhob Kec. Cot Girek.

Wakil bupati Aceh Utara Tgk. Fauzy Yusuf membuka secara resmi Program Gampong Binaan di Gampong Alue Leuhob Kecamatan Cot Girek Aceh Utara yang dilaksanakan oleh Institut Agama Islam Negeri Malikussaleh Lhokseumawe di Pusat Pasar Gampong setempat (11/10).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menyampaikan rasa terimakasihnya kepada semua pihak khususnya kepada pihak IAIN yang telah melaksanakan program desa binaan di wilayah aceh utara, hal ini sesuai dengan visi-misi Bupati/Wakil Bupati Aceh Utara priode ini, pemerintah aceh utara mendukung sepenuhnya kegiatan ini dan kami minta kepada semua pihak baik pemerintah kecamatan, pemerintah gampong dan masyarakat disini untuk memanfaatkan program ini guna mencapai hasil maksimal dari program ini.

Sementara itu, Rektor IAIN Malikussaleh Dr. H. Hafifuddin, M.Ag. dalam sambutannya mengatakan program gampong binaan ini adalah salah satu program unggulan dari Kampus IAIN Malikussaleh, gampong binaan yang dimaksud oleh IAIN Malikussaleh adalah program binaan khususnya dibidang keagamaan, kependidikan dan kewirausahaan.

Kepada Wakil Bupati, rektor juga melaporkan, kampus IAIN saat ini sedang merancang konsep  pengembangan Wisata Islami di Aceh Utara, mengingat begitu besar potensi dari sektor ini, namun hangga saat ini belum bisa dimanfaatkan secara optimal, kami masih sedang menggodok rancangan bagaimana potensi wisata dapat dimanfaatkan namun operasionalnya tidak melanggar syariat.

Ketua Panitia, Fauzan MA., melaporkan, kegiatan gampong binaan ini akan berlangsung selama 3 bulan dan direncanakan akan terus berlanjut hingga tahun depan bahkan bisa sampai 5 tahun. Untuk saat ini IAIN Malikussaleh telah pernah melakukan Pembinaan keagamaan di 5 gampong di Aceh Utara sejak tahun 2015. Materi yang dibekali dalam program ini adalah  Fiqih (Ibadah, mawaris, dakwah, Muamalah, Munakahat), PTK Guru (bagi guru SD/SMP sederajat) Tahsinul Qur’an, Pelatihan Ilmu Falaq (Astronomi), Tehnik Penyusunan Materi Dakwah, Kajian ke-Islaman (Pengajian Umum) dan pelatihan kewirausahaan. Semoga semua ini bisa bermanfaat bagi kita dan program ini dapat berjalan dengan baik. Tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *